Beberapa Rahasia Produk Herbal Ini Pasti Anda Belum Tahu

Produk herbal sudah banyak dijual di pasar Indonesia. Padahal, cukup banyak obat berbahan herbal yang dinyatakan lebih aman jika dibandingkan dengan obat kimia. Salah satu negara yang bisa dibilang cukup terkenal dengan pengobatan alternatif dengan menggunakan sejumlah obat herbal sendiri adalah China.

Gambaran Umum Produk Herbal di Dunia

Seperti yang telah kita saksikan sebelumnya, sejumlah obat tradisional memang dapat membantu menyembuhkan beberapa orang dengan sejumlah penyakit berbeda. Ada juga sejumlah terapi yang dilakukan bahkan setelah berkonsultasi dengan dokter. Obat tradisional bisa dikatakan cukup aman untuk dikonsumsi. Namun, sangat disarankan bagi Anda untuk memakannya dengan tepat. Sehingga takaran dan fungsi pada obat tradisional yang akan anda konsumsi dapat tepat sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Produk Herbal dan Manfaatnya

Sebelum anda mengkonsumsi sejumlah produk tradisional, maka ketahui beberapa produk dan fungsinya sebagai berikut:

• Temulawak

Temulawak termasuk dalam keluarga jahe yang merupakan salah satu tanaman obat herbal asli Indonesia. Penyebaran tanaman jahe ini bahkan banyak tumbuh di beberapa pulau, baik di Jawa, Maluku maupun Kalimantan. Temulawak ini memiliki ciri-ciri perdu tak bertangkai mulai dari pangkal hingga daun yang panjang tegak. Tumbuhan ini memiliki tinggi antara 2 hingga 2,5 milimeter. Kemudian memiliki daun yang panjang dan bulat seperti daun pisang dimana pelepah daunnya saling menutupi dan membentuk batang. Tanaman ini juga bisa tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 750 mdpl. Jahe bahkan telah digunakan secara turun-temurun untuk mengobati sejumlah penyakit. Baik itu penyakit kuning, diare, maag, perut kembung hingga pegal-pegal. Bahkan belakangan ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

• Kunyit

Kunyit adalah tanaman obat yang menyerupai semak dan memiliki khasiat abadi yang tersebar luas di seluruh daerah tropis. Bahkan tanaman kunyit sendiri tumbuh subur dan bersifat liar di sekitar hutan atau bahkan bekas kebun. Tanaman ini diperkirakan tumbuh pada ketinggian 1300 hingga 1600 mdpl. Di Jawa, kunyit sendiri digunakan sebagai obat herbal karena memiliki khasiat menenangkan, membersihkan, mengeringkan, bahkan menghilangkan rasa gatal. Khasiat utama tanaman ini sendiri juga digunakan sebagai bahan herbal baik untuk produk jamu tradisional maupun kosmetik.

READ  Peranan Jamur Enoki Dalam Menjaga Kesehatan

• Keji Beling

Pecahan atau sambang geteh ini memiliki banyak sekali bahan terbaik. Baik itu kalium, kalsium, natrium, bahkan unsur mineral lainnya. Selain itu, terdapat pula asam silikat, tanin, dan glikosida yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari diare, batu ginjal hingga obat penurun kolesterol. Anda bisa merebus daun tanaman ini untuk diminum airnya. Bahkan bisa dimakan sebagai lalapan setiap hari. Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur. Daun ini juga konon bisa mengobati tubuh yang gatal akibat ulat hitam atau semut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan daun ganas seperti kaca pada bagian yang gatal.

• Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman obat herbal yang berasal dari India dan Sri Lanka. Bahkan sambiloto juga bisa ditemukan di sejumlah daerah, antara lain Malaysia, Thailand, bahkan di Indonesia. Daun sambiloto juga mengandung senyawa yang cukup banyak seperti senyawa siklik laktonditerpenoid.

• Tempuyung

Tempuyung ini merupakan tanaman tahunan yang biasanya tumbuh di beberapa tempat. Daunnya berwarna hijau halus dengan warna agak keunguan, tepi bergelombang dan bergerigi tidak beraturan. Di dekat pangkal batang, daun bergerigi ini membentuk roset dan terletak bergantian di atas batang. Daunnya yang berombak ini memiliki khasiat untuk menghancurkan batu ginjal. Bahkan pada daun ini juga terdapat kandungan kalium yang tinggi. Kalium dari daun tempuyung juga membuat batu ginjal seperti kalsium karbonat juga berserakan karena kalium akan membuang kalsium untuk bercampur dengan karbonat, oksalat atau senyawa pembentuk urat batu ginjal.

Leave a Comment