9 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Sederhana Dan Ampuh

Sariawan atau dalam bahasa medisnya disebut aphthous ulcers merupakan sebuah peradangan yang biasanya muncul di area bibir atau gusi seseorang. Meskipun gangguan mulut ini tidak berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut, tetapi kebanyakan dari kita merasa tidak tahan dengan rasa sakit yang dihasilkan.

Sariawan sendiri bisa berlangsung antara beberapa hari hingga minggu, tergantung dari tingkat keparahan yang tengah anda alami saat ini. Sehingga seringkali anda pun akan mengalami kesulitan untuk berbicara maupun mengunyah makanan.

Sebenarnya, tanpa pengobatan pun sariawan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika anda bisa menemukan cara alami dan mudah untuk mengatasinya, kenapa harus dilewatkan begitu saja?

Dengan mengobati sariawan menggunakan cara-cara yang telah kami rangkum di bawah ini, diharapkan kesembuhan gangguan oral tersebut akan semakin cepat atau setidaknya bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengobati sariawan di mulut? Berikut adalah cara-cara mudah yang bisa anda lakukan sekarang juga.

1. Bubuk Tawas

Bubuk tawas atau alum powder terbuat dari kalium aluminium sulfat. Selain untuk mengawetkan makanan, zat ini pun seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan acar sayuran.

Tawas sendiri memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan jaringan dan mengeringkan sariawan secara lebih cepat. Adapun untuk menggunakannya, anda bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Buatlah pasta dengan mencampurkan sedikit bubuk tawas dengan setetes air.
  2. Oleskan pasta tersebut tepat ke sariawan anda.
  3. Biarkan setidaknya 1 menit.
  4. Bilas mulut anda sampai bersih.

Ulangi cara ini setiap hari sampai sariawan anda hilang sepenuhnya.

2. Air Garam

Selain terkenal dengan kemampuannya dalam mengurangi nyeri gigi, berkumur menggunakan air garam pun dikenal mampu mengatasi rasa sakit di mulut akibat sariawan. Cara kerjanya mirip seperti bubuk tawas, yaitu dengan membantu mengeringkan sariawan secara lebih cepat.

Meskipun cara ini sedikit perih saat dilakukan, tetapi tidak ada salahnya anda coba. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat.
  2. Berkumurlah menggunakan cairan tersebut selama 15 hingga 30 detik, lalu buang.
  3. Lakukan beberapa jam sekali, terutama jika sariawan anda mulai terasa sakit kembali.

3. Baking Soda

Berkumur menggunakan baking soda pun bisa sangat ampuh dalam melawan berbagai macam gangguan mulut, termasuk sariawan. Hal ini dikarenakan baking soda mampu mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan di saat yang bersamaan, artinya dapat menyembuhkan sariawan anda lebih cepat.

Untuk menggunakan cara ini, ikuti langkah berikut:

  1. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam setengah air putih.
  2. Berkumurlah menggunakan cairan baking soda tersebut selama 15 hingga 30 detik, lalu buang.
  3. Lakukan beberapa jam sekali.

Meskipun baking soda tidak mendatangkan bahaya saat tertelan, tetapi tetap memiliki rasa asin yang teramat sangat, sehingga pastikan anda menghindarinya sebisa mungkin.

4. Yogurt

Uniknya, penyebab utama seseorang terkena sariawan masih belum diketahui hingga artikel ini dibuat. Beberapa ahli kesehatan berspekulasi bahwa itu disebabkan oleh sejenis bakteri bernama Helicobacter pylori (H. pylori) atau akibat adanya penyakit radang usus.

Dengan begitu, beberapa penelitian di tahun 2007 mencoba membuktikkan bahwa asupan probiotik seperti lactobacillus mungkin bisa membantu membunuh H. pylori tersebut sekaligus mengatasi beberapa jenis penyakit radang usus secara alami.

Secara teori, jika sariawan tersebut memang disebabkan oleh kedua faktor tersebut, maka mengonsumsi yogurt bisa sangat membantu mempercepat proses kesembuhan sariawan anda. Untuk melakukannya, pastikan anda mengonsumsi setidaknya 1 gelas yogurt setiap hari.

5. Madu

Cairan alami yang dihasilkan lebah ini tentunya memiliki kemampuan dalam melawan bakteri dan peradangan. Bahkan menurut sebuah penelitian di tahun 2014 menyebutkan bahwa madu secara efektif mampu mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan dari sariawan. Selanjutnya, dapat membantu mencegah infeksi tingkat lanjut.

Untuk menggunakannya cukup mudah, anda bisa langsung mengoleskan madu asli langsung ke area sariawan tersebut 4 kali sehari.

Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua madu diciptakan setara. Anda memerlukan madu asli untuk mendukung pengobatan gangguan oral yang satu ini. Sementara kebanyakan madu di pasaran telah menjalani proses pasteurisasi sehingga cenderung kehilangan banyak nutrisi yang diperlukan.

Jika bisa, pilihlah madu yang belum difilter dan dipasteurisasi seperti Madu Manuka. Anda bisa menemukannya di berbagai tempat seperti pemesanan secara online.

6. Minyak Kelapa

Tak hanya bisa digunakan sebagai bahan menggoreng, minyak kelapa pun memiliki kemampuan dalam melawan berbagai macam mikroba di tubuh. Artinya, ia dapat mengobati sariawan anda sekaligus mencegahnya menyebar lebih jauh lagi.

Ditambah lagi, minyak kelapa dapat dijadikan sebagai obat alami dalam melawan peradangan, kemerahan, serta rasa sakit akibat sariawan. Untuk menggunakannya, anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa di area yang telah terkena. Lakukanlah beberapa kali sehari hingga sariawan anda sembuh sepenuhnya.

7. Susu Magnesia

Sesuai namanya, susu magnesia mengandung magnesium hiroksida yang merupakan penetral asam dan pencahar alami. Bisa digunakan secara oral, zat ini dapat mengubah pH di mulut anda sehingga luka sariawan pun tidak akan berkembang lebih jauh lagi, serta dapat membantu mencegah iritasi dan menghilangkan rasa sakit setelah digunakan.

Langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Oleskan sedikit susu magnesia ke area sariawan anda.
  2. Biarkan selama beberapa detik, lalu bilas hingga bersih.
  3. Lakukan hingga tiga kali sehari.

8. Kompresan Kamomil

Bunga liar seringkali disepelekan begitu saja, tetapi kebanyakan diantaranya merupakan obat herbal yang jarang orang tahu, termasuk kamomil atau chamomile. Bunga herbal yang satu ini seringkali digunakan untuk menyembuhkan luka dan meredakan nyeri.

Misalnya Kamomil Jerman yang mengandung dua senyawa dengan kemampuan anti-radang dan anti-septik bernama azulene dan levomenol.

Anda bisa menggunakan kantong teh kamomil untuk dijadikan kompres secara langsung demi meredakan sariawan anda, dan biarkan selama beberapa menit. Atau anda pun boleh berkumur menggunakan teh kamomil yang baru diseduh selama beberapa detik. Ulangi cara ini antara tiga hingga empat kali dalam sehari.

9. Vitamin B Kompleks

Jika anda seringkali terkena sariawan dalam satu tahun terakhir ini, kemungkinan besar tubuh anda kekurangan vitamin B12. Bahkan menurut sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 1.000 mikrogram vitamin B12 per hari cenderung lebih jarang terkena sariawan.

Artinya, selama proses penyembuhan berlangsung, pastikan anda mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam vitamin B, atau pilih suplemen vitamin B kompleks untuk memudahkan usaha anda tersebut.

Disebut vitamin B kompleks karena suplemen tersebut mengandung kedelapan jenis vitamin B yang anda butuhkan, termasuk vitamin B12. Tetapi perlu berhati-hati menggunakan dosisnya karena bisa mendatangkan efek samping yang kurang nyaman. Bicarakan dengan dokter anda terlebih dahulu jika anda tengah memiliki penyakit tertentu.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *