9 Cara Alami Mengobati Mastitis Pada Ibu Menyusui

Menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya pasti tidak mudah. Anda kemungkinan akan cepat merasa lelah dan letih karena belum terbiasa mengurus si buah hati. Terlebih lagi, terdapat berbagai macam masalah kesehatan yang siap menerkam anda jika tidak menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Sebut saja mastitis, sejenis peradangan yang terjadi pada jaringan payudara anda. Parahnya, kondisi ini bisa mendera 1 dari 10 ibu menyusui. Bersama dengan rasa nyeri dan memar pada area payudara, penyakit ini kemungkinan besar akan disertai dengan gejala seperti flu atau bahkan infeksi bakteri jika tidak diobati dengan layak.

Adapun beberapa penyebab paling umum anda terkena mastitis adalah seperti mengenakan pakaian dalam yang terlalu menekan payudara, stres yang berlebihan, menyapih terlalu cepat, atau kelebihan pasokan ASI.

Kemudian saat anda terkena masalah kesehatan yang satu ini, anda pun akan terkena berbagai macam gejala kurang menyenangkan seperti:

  • Rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan/atau perasaan hangat pada payudara.
  • Keluarnya cairan dari puting (bukan ASI).
  • Benjolan keras pada jaringan payudara.
  • Sakit, menggigil, kelelahan, dan gejala mirip flu lainnya.
  • Penurunan produksi ASI pada payudara yang terkena.
  • Demam

Dikarenakan gejala-gejala tersebut bukanlah hal yang bisa anda sepelekan begitu saja, maka akan lebih baik jika segera mendapatkan perawatan langsung dari dokter. Untuk pertolongan pertama, anda pun boleh melakukan beberapa pengobatan alami yang sudah kami paparkan di bawah ini.

1. Beristirahat

Meskipun mendapatkan waktu beristirahat yang cukup sangatlah sulit untuk dilakukan saat anda memiliki bayi, tetapi mesti harus anda dapatkan bagaimana pun caranya. Cobalah untuk meminta bantuan suami atau keluarga anda. Jika anda memiliki tabungan, cobalah untuk menyewa seorang pengasuh bayi setidaknya hingga anda sehat kembali.

Jangan pernah segan meminta bantuan orang-orang sekitar anda. Sama halnya seperti aktivitas bekerja sehari-hari, menyusui dan mengurus bayi anda pun sangatlah menguras energi anda.

Beristirahat yang cukup akan memungkinkan tubuh anda memperbaiki dirinya sendiri termasuk mengobati mastitis secara alami.

2. Sering-Sering Menyusui

Sambil beristirahat dan berbaring di tempat tidur, pastikan juga anda memeluk bayi sambil menawarkan ASI sesering mungkin, setidaknya setiap 2 jam sekali. Pastikan pula anda memulainya dari sisi payudara yang tidak terasa nyaman tersebut, dan kemudian diganti secara berkala.

Bayi cenderung akan menghisap ASI lebih keras pada awal menyusui, sehingga bisa membantu mengeluarkan sumbatan dan membersihkan mastitis tersebut secara langsung.

Tidak perlu khawatir, cara ini sudah diteliti oleh para ahli kesehatan dan aman untuk dilakukan. Selain itu, sering menyusui dan menjaga ASI agar tetap mengalir dengan bebas bisa menjadi salah satu sistem pertahanan terbaik dari tubuh anda.

3. Gunakan Obat Bebas

Perasaan sakit, demam, dan meradang di tubuh anda bisa diusir dengan obat-obatan bebas yang dijual di warung terdekat. Beberapa yang boleh dikonsumsi diantaranya Acetaminophen atau Ibuprofen, yang mana keduanya aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Anda juga bisa meminta bantuan dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang tepat demi menghalau gejala mastitis yang tidak menyenangkan tersebut.

4. Daun Kubis

Jika anda tidak suka atau takut mengkonsumsi obat-obatan saat menyusui, anda pun boleh menggunakan jenis alami yang jauh dari efek samping. Misalnya daun kubis yang bisa mengatasi berbagai macam ketidaknyamanan saat anda tengah menyusui.

Ditambah lagi, daun kubis bisa memberikan efek luar biasa terhadap mastitis anda. Faktanya, dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kubis dingin memiliki keefektifan yang serupa seperti halnya kompresan panas untuk mengatasi pembengkakan pada payudara. 

Berikut cara menggunakannya:

  1. Bersihkan dan potonglah daun kubis seukuran payudara anda, kemudian simpan di dalam lemari es untuk didinginkan.
  2. Setelah itu, tutupi bagian payudara (kecuali puting susu) menggunakan daun kubis tersebut. Anda pun bisa memasukkan daun ke dalam bra anda yang longgar untuk lebih memudahkan anda ketika bergerak.
  3. Buang kubis setelah 20 menit.

Lakukan cara ini secara berulang selama 3 kali per hari. Cara ini sangatlah efektif terutama bagi anda yang masih ingin melanjutkan untuk menyusui bayi anda.

5. Minyak Esensial

Penelitian juga telah memperlihatkan bahwa minyak esensial juga bisa mengatasi mastitis anda secara alami. Misalnya minyak pohon teh yang mengandung senyawa terpinen-4-ol memiliki efek anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-radang yang sangat bermanfaat dalam mengobati mastitis.

Tetapi sebelum digunakan sebagai obat oles, pastikan anda mencampurnya terlebih dahulu dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau almond. Bersihkan pula payudara anda dengan bersih karena bisa menjadi racun jika tertelan oleh bayi anda.

6. Pijat Payudara

Agar cara ini bisa memberikan hasil yang efektif, lakukanlah saat menyusui si kecil searah dengan puting anda. Mulailah dengan ibu jari di atas area yang telah terkena dan berikan tekanan yang kuat menuju puting. Jika anda tidak yakin lokasi mana yang harus dipijat, carilah area yang keras atau tidak rata pada payudara anda.

Anda juga bisa memijat di atas area saluran ASI yang tersumbat dan kemudian memerasnya dengan tangan untuk mengurangi tekanan atau penyumbatan di sana.

7. Bawang Putih

Bawang putih sudah terkenal akan kemampuannya sebagai antibiotik dan merangsang sistem kekebalan tubuh agar menjadi lebih kuat. Manfaatnya terletak pada sifat anti-mikroba alami yang dimilikinya, sehingga anda pun bisa menggunakannya sebagai obat mastitis.

Potonglah beberapa siung bawang putih menjadi bagian-bagian kecil dan telanlah langsung mentah-mentah layaknya anda mengkonsumsi obat. Jika anda tidak terlalu suka rasanya, cobalah untuk mencampurnya dengan jus atau sup ayam yang menyehatkan.

8. Vitamin C

Sama halnya seperti bawang putih, vitamin C juga bisa meningkatkan sistem imunitas secara alami, sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan kadar antioksidan di tubuh.

Beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi diantaranya buah jeruk, paprika merah, kiwi, brokoli, kubis brussel, kentang, kembang kol, dan tomat. Tetapi sebelum anda meningkatkan asupannya, pastikan berbicara dengan dokter jika tengah menjalani beberapa pengobatan tertentu.

9. Hidrasi Tubuh Anda

Tanpa perlu diragukan lagi, air putih bisa menjadi obat pertama untuk mencegah hampir segala macam penyakit. Hal ini karena tubuh manusia terdiri dari 80% cairan, sehingga anda akan membutuhkannya setiap hari. Terutama saat anda menyusui si kecil, maka kebutuhan tubuh anda terhadap cairan pun akan meningkat secara signifikan.

Menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi bisa membantu pasokan ASI tetap seimbang. Pasokan ASI yang banyak dapat memungkinkan anda menyusui si kecil lebih sering, sehingga membantu proses penyembuhan payudara anda dari mastitis.

Para ahli kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mendapatkan asupan cairan hingga 13 gelas per hari, terutama saat anda tengah menyusui. Perlu dicatat bahwa asupan cairan tersebut bukan hanya berasal dari air putih saja, melainkan bisa datang dari sup, susu, jus, teh herbal, dan makanan-makanan yang memiliki kadar air melimpah di dalamnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *