cengkeh bermanfaat

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh, Dari Mulut Hingga Lambung

Cengkeh merupakan salah satu bagian dari tanaman herbal hangat yang tumbuh pada suhu lembab di ketinggian antara 600 hingga 1000 meter di atas permukaan laut. Dikenal pula dengan nama ilmiah Syzygium aromaticium, tanaman cengkeh bisa anda temukan dalam bentuk utuh atau gilingan dan seringkali digunakan sebagai bahan masakan.

Anda mungkin seringkali menemukannya di dalam rokok yang anda hisap setiap hari. Tetapi perlu diingat bahwa cengkeh dalam rokok cenderung tidak akan memberikan manfaat kesehatan yang telah kami susun di bawah ini. Sebaliknya, asap yang dihasilkan dari pembakaran cengkeh tersebut malah bisa mendatangkan sejumlah penyakit berbahaya.

Tetapi jika anda mampu menggunakannya sebagai bumbu manis atau aromatik, maka bisa mendatangkan sejumlah manfaat obat terhadap beberapa jenis penyakit tertentu. Faktanya, sebuah penelitian terhadap hewan memperlihatkan bahwa tanaman cengkeh sangat baik bagi kesehatan hati dan menstabilkan kadar gula dalam darah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat anda menggunakan tanaman cengkeh sebagai bagian dari pola makan dan gaya hidup anda yang sehat.

1. Memberi Nutrisi Bagi Tubuh

Sebagai bagian dari tanaman herbal, cengkeh mengandung sejumlah serat, vitamin, dan mineral. Menurut USDA, dari satu sendok teh cengkeh saja anda bisa menemukan beberapa nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 6
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Serat: 1 gram
  • Mangan: 55% AKG
  • Vitamin K: 2%

Mangan dari dalam cengkeh termasuk ke dalam mineral esensial yang penting dalam menjaga fungsi otak dan membangun tulang yang kuat.

2. Tinggi Akan Antioksidan

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, jangan lupa juga bahwa cengkeh pun kaya akan antioksidan ampuh, atau senyawa yang berperan aktif dalam mengurangi stres oksidasi. Sementara stres oksidasi sendiri telah dikenal sebagai penyebab perkembangan penyakit kronis mematikan.

Salah satu senyawa antioksidan alami yang paling menonjol dalam tanaman cengkeh adalah eugenol. Senyawa ini telah terbukti mampu menghentikan kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas bahkan lima kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin E.

Jadi, memasukkan cengkeh ke dalam makanan anda dengan kadar tertentu tentunya dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara lebih optimal.

3. Menjaga Tubuh Dari Kanker

Bersama dengan penyakit jantung, kanker telah menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia, sehingga menjaga tubuh anda dari serangan sel-sel abnormal ini patut dilakukan setiap saat. Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan cengkeh sebagai bagian dari pencegahan penyakit tersebut.

Bahkan dalam sebuah tes tabung menemukan bahwa ekstrak cengkeh mampu membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan mendorong kematian sel pada sel-sel kanker. Sementara menurut penelitian lain menyebutkan bahwa konsentrasi minyak cengkeh berhasil membunuh sel kanker esofagus hingga sebanyak 80%.

Senyawa eugenol dalam tanaman cengkeh nampaknya memiliki sifat anti-kanker yang sangat ampuh. Tetapi perlu dicatat pula bahwa eugenol bisa sangat beracun jika digunakan dalam jumlah tinggi karena berpotensi merusak hati, terutama pada anak-anak.

4. Membunuh Bakteri

Selain memiliki sifat anti-kanker, cengkeh pun ternyata memiliki sifat antimikroba, artinya bisa digunakan dalam menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri di dalam tubuh kita.

Sebut saja sejenis minyak atsiri cengkeh yang mampu membunuh tiga jenis bakteri umum penyebab penyakit termasuk E. Coli.

Ditambah lagi, sifat antibakteri yang dimilikinya bisa meningkatkan kesehatan mulut secara lebih efektif dengan cara membunuh dua jenis bakteri yang berkontribusi terhadap penyakit gusi.

Inilah dibalik alasan kenapa minyak cengkeh bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak.

5. Meningkatkan Kesehatan Hati

Lagi-lagi senyawa eugenol dalam tanaman cengkeh menjadi sorotan utama dalam memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi hati, sekaligus mengurangi peradangan, dan menurunkan stres oksidasi.

Selanjutnya, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu membalikkan tanda-tanda sirosis hati, atau jaringan parut pada hati yang berbahaya. Agar lebih mudah dalam memanfaatkannya, anda pun boleh memilih eugenol dalam bentuk suplemen yang dijual di apotek terdekat.

Dengan mengonsumsi suplemen eugenol tersebut selama 1 minggu, maka bisa pula menurunkan kadar glutathione-S-transferases (GSTs), atau keluarga enzim yang terlibat dalam detoksifikasi yang seringkali menjadi pertanda seseorang terkena penyakit hati.

Selain itu, dikarenakan cengkeh mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi, maka bisa membantu mencegah penyakit hati karena kemampuannya dalam mengurangi stres oksidasi dalam tubuh.

Tetapi sekali lagi, harap berhati-hati dalam mengonsumsinya, selalu baca aturan pakai yang tertera pada labelnya. Hal ini karena sudah terdapat sebuah studi kasus di mana seorang anak laki-laki berusia 2 tahun bisa terkena kerusakan hati yang fatal setelah mengonsumsi 5-10 ml minyak cengkeh.

6. Mengatur Gula Darah

Kabar gembira bagi anda yang tengah menderita penyakit diabetes, maka upaya anda dalam mengatur gula darah bisa didukung dengan cengkeh dan nigericin. Faktanya, keduanya bisa digunakan untuk meningkatkan sekresi insulin serta fungsi sel yang memproduksi insulin itu sendiri.

Insulin merupakan sejenis hormon yang bertanggung jawab dalam mengangkut gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Secara sederhananya, insulin tersebut sangatlah dibutuhkan agar kadar gula dalam darah anda tetap seimbang.

Sensitivitas insulin sangatlah dibutuhkan untuk mencegah kelebihan gula dalam darah seseorang. Sebaliknya, resistensi insulin adalah bentuk dari ketidakmampuan tubuh dalam menggunakan insulin secara efektif, sehingga resiko terkena penyakit gula darah pun bisa meningkat drastis.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Massa tulang yang rendah telah menjadi salah satu kondisi umum yang mendera jutaan orang lanjut usia, sehingga resiko terkena osteoporosis pun akan semakin meningkat. Jika itu terjadi, kemungkinan terkena patah tulang pun sulit untuk dihindari.

Tetapi tidak peduli berapapun usia anda saat ini, menjaga kesehatan tulang tetap harus menjadi salah satu prioritas anda. Terdapat banyak cara yang bisa anda lakukan, dimulai dari rajin berolahraga, mengonsumsi kalsium dari susu sapi, hingga mengonsumsi cengkeh dengan kadar tertentu.

Cengkeh bisa begitu bermanfaat bagi tulang anda berkat kandungan mangan yang dimilikinya. Mangan sendiri merupakan sejenis mineral yang terlibat dalam pembentukan tulang dan sangat penting dalam menjaga tulang yang sehat.

Bahkan sebuah penelitian terhadap hewan menemukan bahwa dengan mengonsumsi mangan selama 12 minggu berturut-turut, maka mampu meningkatkan kepadatan mineral dan pertumbuhan tulang yang sehat. Artinya, asupan kalsium tersebut haruslah didukung dengan kadar mangan yang cukup dalam tubuh anda.

8. Mengurangi Ulkus Perut

Dikenal pula dengan nama tukak lambung, penyakit ini ditandai dengan adanya luka yang menyakitkan di lapisan lambung, duodenum, atau kerongkongan anda. Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh pengurangi lapisan pelindung perut yang terjadi akibat faktor tertentu seperti stres, infeksi, dan genetika.

Untungnya, minyak cengkeh bisa mengatasi masalah yang satu ini dengan cara meningkatkan produksi lendir pada lambung. Lendir-lendir tersebut kemudian akan berfungsi sebagai penahan dan membantu mencegah erosi lapisan lambung akibat asam pencernaan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *