kulit yang tidak berminyak

8 Cara Super Alami Mengatasi Kulit dan Wajah Berminyak

Kulit berminyak seringkali disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang memproduksi terlalu banyak sebum. Kelenjar tersebut terletak tepat di bawah permukaan kulit anda.

Sebum sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Terbuat dari lemak di tubuh, senyawa ini bertugas dalam menjaga dan melembabkan kulit anda dari waktu ke waktu.

Tetapi kelebihan produksi sebum tersebut malah akan membuat kulit anda terlihat berminyak, yang jika dibiarkan bisa menyumbat pori-pori dan mengundang jerawat. Genetik, perubahan hormon, dan bahkan stres bisa menjadi faktor resiko seseorang memiliki kadar sebum yang lebih banyak.

Meskipun lumayan sulit untuk diatasi, tetapi masih terdapat beberapa cara alami yang bisa anda lakukan.

Asyiknya, cara ini tidak perlu mengharuskan anda pergi ke dokter kulit. Untuk lebih jelasnya, berikut cara-cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak secara alami di rumah.

1. Cuci Muka

Cuci muka memang sudah menjadi kebiasaan harian kita, tetapi jika dilakukan dengan tata cara yang benar, maka bisa mengusir kulit berminyak anda. Cobalah untuk mencuci muka secara teratur setidaknya 2-5 kali sehari, dengan beberapa metode seperti berikut ini:

  • Cucilah muka anda menggunakan sabun muka dan air hangat.
  • Hindari penggunaan sabun yang memiliki pewangi, pelembab tambahan, atau bahkan zat kimia yang sangat keras. Ketiga unsur tersebut bisa mengiritasi atau membuat kulit anda kering, sehingga bisa mengundang kelenjar sebaceous memproduksi kelebihan sebum.
  • Hindari penggunaan loofah atau waslap yang kasar, karena gesekan bisa merangsang kulit anda menghasilkan lebih banyak minyak.

Jika cara diatas tidak bekerja, anda pun boleh menggunakan produk perawatan untuk kulit berjerawat seperti:

  • Asam salisilat
  • Asam glikolat
  • Asam beta-hidroksi
  • Peroksida benzoil

Tetapi perlu diingat bahwa beberapa produk diatas mungkin akan menyebabkan kulit anda teriritasi jika tidak cocok. Jadi, sebelum menggunakannya dalam jumlah besar, pastikan mencobanya terlebih dahulu dalam skala kecil dan perhatikan bagaimana kulit anda bereaksi terhadapnya.

2. Madu

Madu merupakan salah satu obat alami kulit yang sudah banyak digunakan selama beratus-ratus tahun lamanya. Berkat efek antibakteri dan anti-septik yang dimilikinya, maka bisa mengusir minyak berlebih di kulit sekaligus menjauhkan anda dari jerawat.

Madu juga merupakan humektan alami, artinya mampu membantu menjaga kelembaban kulit tanpa harus membuatnya menjadi berminyak.

Untuk mengaplikasikannya, cobalah oleskan madu mentah secara tipis ke wajah anda. Biarkan mengering hingga 10 menit, dan kemudian bilas bersih dengan menggunakan air hangat.

Madu untuk wajah

3. Oatmeal

Selain membantu mengatasi perut yang lapar, oatmeal juga ternyata mampu membantu menenangkan kulit yang meradang, menyerap kelebihan minyak di kulit, serta mengelupas kulit mati.

Sebelum digunakan untuk masker wajah anda, pastikan oatmeal tersebut digiling terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik jika dicampurkan dengan madu, yogurt, atau pisang, apel, dan pepaya yang telah ditumbuk.

Langkah mudahnya seperti berikut:

  • Campurkan setengah gelas oat yang telah digiling dengan air panas hingga membentuk pasta.
  • Campurkan 1sdm madu alami.
  • Pijat halus wajah sambil mengoleskan campuran oat tersebut ke wajah anda, kemudian diamkan hingga kurang lebih 3 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan.

4. Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon juga merupakan obat tradisional untuk mengatasi kulit anda yang berminyak. Kedua bahan tersebut telah dianggap sebagai obat alami untuk mengencangkan pori-pori di kulit.

Selain itu, asam dalam buah lemon memiliki kemampuan untuk menyerap minyak di kulit. Menurut sebuah penelitian di tahun 2008, lemon sendiri bahkan memiliki efek anti-bakteri.

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

  • Campurkan 1 butir putih telur dengan 1 sdt jus lemon.
  • Oleskan ke atas kulit wajah anda dan biarkan hingga kering dan membentuk seperti masker.
  • Bilas dengan air hangat dan kemudian tepuk-tepuk kulit anda agar cepat kering.

Tetapi sebelum anda menggunakan cara ini, pastikan anda tidak memiliki alergi terhadap telur.

5. Kacang Almond

Kacang almond yang sudah digiling tidak hanya akan membantu mengelupas kulit anda yang telah mati, tetapi juga mampu membantu menyedot kelebihan minyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit anda.

Cara untuk membuat scrub wajah dari kacang almond adalah sebagai berikut:

  • Giling halus kacang almond mentah hingga terkumpul sebanyak 3 sdt.
  • Tambahkan 2 sdm madu mentah.
  • Oleskan ke kulit wajah anda secara lembut dengan gerakan melingkar.
  • Bilas dengan air hangat, dan kemudian tepuk-tepuk kulit anda agar cepat kering.

Tetapi sama halnya seperti telur, hindari penggunaannya jika anda memiliki alergi terhadap kacang karena bisa mendatangkan kondisi masalah kulit yang lainnya.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi kulit terbakar dan kondisi masalah kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, terdapat bukti ilmiah yang memperlihatkan bahwa lidah buaya mampu membantu mengobati kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak.

Untuk menggunakannya cukup sederhana. Anda bisa mengoleskan lidah buaya tersebut ke wajah anda sebelum tidur dan biarkan semalam suntuk.

Tetapi terdapat beberapa jenis kulit yang sangat sensitif terhadapnya. Jadi sebelum anda menggunakannya, pastikan mengoleskan sebagian kecil lidah buaya ke area lengan anda. Jika tidak ada reaksi negatif yang terjadi antara 24 hingga 48 jam, maka anda boleh menggunakannya.

7. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat alami yang sering digunakan untuk pengobatan kulit berjerawat. Asam yang terdapat dalam tomat sendiri mampu menyerap kelebihan minyak di kulit sekaligus mengatasi sumbatan pori-pori.

Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 1sdt gula pasir dengan 1 buah tomat segar.
  • Oleskan ke kulit dengan gerakan melingkar
  • Biarkar masker tersebut mengering hingga 5 menit.
  • Bilas bersih dengan air hangat dan kemudian keringkan.

Anda juga bisa menggunakan irisan buah tomat untuk langsung ditempelkan ke atas kulit wajah anda.

8. Minyak Jojoba

Bolehkah mengoleskan minyak ke atas kulit yang sudah berminyak? Jawabannya tergantung dari jenis minyak itu sendiri. Sebut saja minyak jojoba yang sudah menjadi obat tradisional untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat, dan kondisi masalah kulit lainnya.

Diduga bahwa minyak jojoba akan bertingkah layaknya sebum pada kulit sehingga mampu mengelabui kelenjar sebaceous anda agar berhenti memproduksi sebum dalam jumlah yang besar. Alhasil, kulit anda pun akan memiliki keseimbangan kadar minyak yang normal.

Faktanya, dalam sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa dengan mengoleskan masker yang terbuat dari Healing Clay dan minyak jojoba sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu, maka bisa membantu menyembuhkan lesi kulit dan jerawat ringan.

Tetapi pastikan anda hanya menggunakan minyak jojoba dalam jumlah kecil, karena kebanyakan malah akan memperparah kondisi kulit berminyak anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *