7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Tidak hanya di negara kita saja, anggur ternyata merupakan jenis buah yang dianggap mewah bagi kebanyakan orang. Dimulai dari jus hingga wine, manusia sudah mengonsumsinya semenjak peradaban kuno.

Anggur sendiri memiliki berbagai macam jenis yang bisa anda bedakan dari warna. Beberapa yang paling lazim ditemui di sekitar kita memiliki warna hijau, merah, hitam, kuning, dan merah muda.

Tetapi apapun jenisnya, buah anggur siap memberikan anda beragam manfaat kesehatan yang tak tanggung-tanggung, dimulai dari mencegah hingga mengobati penyakit tertentu. Manfaatnya tersebut sebagian besar datang dari kadar nutrisi dan antioksidan yang dimilikinya, terutama vitamin C dan vitamin K.

Menurut self.com sendiri, dari 151 gram anggur merah atau hijau mengandung sejumlah nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 104
  • Karbohidrat: 27,3 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Vitamin C: 27% AKG
  • Vitamin K: 28% AKG
  • Tiamin: 7% AKG
  • Riboflavin: 6% AKG
  • Vitamin B6: 6% AKG
  • Kalium: 8% AKG
  • Tembaga: 10% AKG
  • Mangan: 5% AKG

Dua jenis nutrisi yang paling menonjol dari anggur sangatlah terlihat jelas, yaitu vitamin K dan vitamin C.

Dari 151 gram saja, kebutuhan vitamin K anda sudah didapatkan hampir seperempatnya. Jenis vitamin yang larut dalam lemak ini sangatlah penting bagi pembekuan darah dan kesehatan tulang. Sementara vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan jaringan ikat.

Itu baru dua contoh yang paling dominan. Sementara masih banyak manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi buah anggur secara teratur, di mana telah kami paparkan di bawah ini secara detail dan lengkap.

1. Mencegah Penyakit Kronis

Jika berbicara mengenai antioksidan, maka erat kaitannya dengan mencegah tubuh seseorang terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, yang kemudian kita sebut sebagai stres oksidasi.

Stres oksidasi tersebutlah yang menjadi biang kerok seseorang terkena berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Untuk itulah anda perlu mengonsumsi buah anggur secara teratur karena mengandung senyawa antioksidan yang anda butuhkan setiap harinya. Faktanya, lebih dari 1.600 jenis senyawa tanaman bermanfaat telah ditemukan dari dalam buah mewah yang satu ini.  

Konsentrasi terbesar antioksidan bisa anda temukan dari dalam kulit dan bijinya. Maka dari itulah, kebanyakan penelitian seringkali dilakukan dengan menggunakan ekstrak kulit atau biji dari buah anggur itu sendiri.

READ  Berat Badan 17 Kg Lenyap Dalam 1 Bulan Dengan Cara Ini

Salah satu jenis antioksidan yang paling terkenal dari buah ini adalah resveratrol, yang mana diklasifikasikan ke dalam polifenol. Banyak penelitian sendiri telah menunjukkan bahwa resveratrol tersebut mampu menjaga tubuh anda dari penyakit jantung, mengurangi gula darah, dan menghentikan perkembangan kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terdapat dua alasan kenapa buah anggur sangat baik bagi jantung anda, yaitu dengan cara mengurangi tekanan darah dan kolesterol.

Berdasarkan daftar nutrisi di atas, dari 151 gram buah anggur saja sudah mengandung kalium sebanyak 288 mg, atau 8% dari kebutuhan harian anda. Mineral inilah yang membantu tubuh dalam menjaga agar tekanan darah anda tetap normal.

buah anggur
Buah Anggur

Asupan kalium bahkan disebut-sebut sangatlah wajib untuk dilakukan, karena kekurangan asupannya bisa memberikan efek sebaliknya, yaitu meningkatkan resiko seseorang terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Sementara senyawa yang terdapat dalam buah anggur mampu menjaga kadar kolesterol anda tetap rendah dengan mengurangi penyerapannya. Teori ini juga tentunya sudah dibuktikkan secara medis.

Misalnya dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 69 orang penderita kolesterol tinggi menemukan bahwa setelah mereka mengonsumsi 500 gram anggur merah per hari selama 8 minggu, maka mampu mengurangi kolesterol total dan LDL secara signifikan.

3. Mengurangi Gula Darah

Buah anggur mengandung hanya 23 gram gula per 151 gramnya, artinya sangatlah cocok dikonsumsi oleh anda yang mungkin tengah menderita diabetes tipe-2. Tak hanya itu saja, anggur pun telah masuk ke dalam daftar makanan berindeks glikemik rendah dengan nilai 53 GI.

Ditambah lagi, resveratrol yang terdapat dalam buah anggur pun ikut berperan dalam mencegah anda terkena diabetes dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin. Alhasil, tubuh anda pun akan semakin mudah dalam menggunakan glukosa dan terhindar dari kondisi gula berlebih dalam darah.

4. Mendukung Mata Sehat

Untuk menjaga kesehatan mata, terdapat dua jenis antioksidan yang harus anda dapatkan setiap harinya, yaitu lutein dan zeaxanthin. Luar biasanya, buah anggur pun mengandung kedua jenis antioksidan ampuh tersebut.

Di zaman modern saat ini, kebanyakan orang lebih sering memaksakan matanya untuk terus berhadapan dengan layar handphone atau komputer secara berlebihan. Gaya hidup seperti ini bisa merusak mata dalam jangka panjang. Jadi, pastikan anda mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang mendukung kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin ini pun memiliki peran yang begitu luar biasa dalam menjaga indera penglihatan anda dari paparan sinar biru yang merusak. Tetapi tidak hanya itu saja, lagi-lagi resveratrol kembali terlibat, di mana mampu menjaga sel retina mata manusia dari sinar ultraviolet A yang merusak.

READ  9 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mendukung Daya Ingat, Perhatian, dan Mood

Kepintaran seseorang ternyata memiliki keterkaitan erat dengan apa yang ia makan, salah satunya adalah buah anggur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak, meningkatkan perhatian, dan menjaga agar suasana hati anda tetap baik.

Anggur tersebut pun bisa anda dapatkan dalam bentuk utuh, jus, atau suplemen. Misalnya, jika anda senantiasa mengonsumsi suplemen anggur sebanyak 250 mg per hari, maka dapat membantu menyelesaikan tes kognitif yang mengatur perhatian, memori, dan bahasa secara lebih baik lagi.

Sementara minum jus anggur sebanyak 230 ml bisa mempercepat keterampilan yang membutuhkan daya ingat, serta meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik lagi. Bahkan resveratrol sendiri bisa menjaga anda dari penyakit terkait otak seperti Alzheimer.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tidak hanya bagi otak dan mata anda, buah anggur pun ternyata bisa mendukung kesehatan tulang anda layaknya mengonsumsi susu setiap hari. Beberapa kandungan yang bertanggung jawab dalam manfaat ini diantaranya kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan, dan vitamin K.

Sebuah penelitian terhadap tikus telah memperlihatkan bahwa resveratrol dalam buah anggur pun bisa meningkatkan kepadatan tulang, penyerapan tulang, dan retensi kalsium yang lebih baik dibandingkan dengan tikus lainnya.

7. Terhindar Dari Infeksi

Infeksi biasanya disebabkan oleh tiga agen berbahaya, yaitu bakteri, virus, dan jamur. Tubuh anda akan terus menerus diserang oleh ketiga patogen ini tanpa henti, dan sistem kekebalan tubuh anda lah yang menentukan apakah anda akan jatuh sakit atau tidak.

Secara sederhananya, jika sistem imun anda tidak begitu kuat, maka ketiga penyerang tersebut akan menguasai tubuh dan terjadilah infeksi. Sebaliknya, jika sistem kekebalan tubuh anda kuat, maka tubuh anda pun akan melawan secara alami agar anda tetap sehat dan bugar sekalipun diserang secara membabi buta.

Untuk meningkatkan sistem imunitas tersebut, salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Buah anggur sendiri sudah mengandung kadar vitamin C yang sangat memukau.

Tidak hanya itu saja, berbagai macam senyawa dari buah anggur pun bisa menghentikan penyebaran virus herpes, cacar air, dan infeksi jamur. Sementara resveratrol-nya bisa mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya seperti E. Coli.

Leave a Comment