7 Makanan Super Untuk Diet Menurunkan Berat Badan Anda

Jika berbicara mengenai diet menurunkan berat badan, banyak dari kita yang terfokus pada kalori yang masuk dan keluar saja. Padahal, tidak semua kalori dari makanan itu diciptakan sama. Artinya, masing-masing makanan yang masuk ke tubuh melewati jalur metabolisme yang berbeda.

Alhasil, jenis makanan yang masuk ke dalam perut pun akan mempengaruhi perasaan lapar, produksi hormon, dan sejumlah kalori yang dibakar dengan cara berbeda. Untuk itulah, anda harus berhati-hati dalam memilih jenis makanan demi mendukung pola makan yang sehat, terlebih jika saat ini anda tengah mencoba untuk menurunkan berat badan.

Maka dari itulah, kami menyusun beberapa jenis makanan yang disarankan bagi anda yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan. Daftar makanan ini tentunya dapat mendukung usaha anda tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Mau tahu apa sajakah itu? Dan berikut adalah daftar makanan yang baik untuk diet anda, bahkan bisa turun 17 kg dalam seminggu.

1. Telur

Dulu, telur ditakuti karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Tetapi penelitian di masa sekarang memberikan pandangan yang jauh berbeda. Meskipun terdapat kemungkinan bahwa makanan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol buruk LDL bagi sebagian orang, tetapi telur bisa menjadi makanan terbaik yang harus anda dapatkan.

Disamping tinggi akan protein dan lemak menyehatkan, telur pun begitu sangat memuaskan. Bahkan dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 30 wanita gemuk memperlihatkan bahwa mengonsumsi telur saat sarapan mampu meningkatkan perasaan kenyang dan puas sehingga bisa mengurangi asupan makanan hingga 36 jam berikutnya.

Selain itu, telur utuh juga sudah dikenal sebagai salah satu makanan dengan gizi terpadat yang ada di muka bumi ini. Bahkan bisa dibilang kuning telur menyediakan semua jenis nutrisi yang anda butuhkan bersama dengan asam amino esensial di dalamnya.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam, daun swiss chard, dan sebagainya merupakan makanan wajib yang harus anda tambahkan ke dalam pola makan untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara teratur setiap hari, maka anda akan mendapatkan asupan serat yang cukup sehingga bisa meningkatkan perasaan kenyang lebih lama, sembari membantu menurunkan berat badan berlebih secara alami.

Ditambah lagi, sayuran hijau sangatlah sarat akan gizi termasuk vitamin, mineral, dan bahkan antioksidan. Semua nutrisi tersebut tentunya dapat membantu pembakaran lemak menjadi lebih efektif sembari membantu tubuh anda terhindar dari penyakit kronis yang berbahaya.

3. Ikan Salmon

Sama halnya seperti telur dan sayuran hijau, ikan salmon pun sangatlah menyehatkan dan mengenyangkan, sehingga membantu perut anda merasa kenyang selama beberapa jam lamanya dan membantu terhindar dari makan berlebih.

Secara spesifiknya, ikan salmon dikemas dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh anda, terutama yodium dalam jumlah besar.

Yodium sendiri bermanfaat untuk menjaga agar fungsi tiroid anda tetap sehat, yang berdampak secara langsung pada metabolisme yang normal dan menjaga berat badan tetap ideal.

Tak hanya itu saja, ikan salmon pun mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti mampu menurunkan peradangan, yang mana telah menjadi salah satu biang kerok seseorang terkena obesitas dan penyakit metabolik jika tidak diatasi secepatnya.

4. Sayuran Cruciferous

Bagi anda yang belum tahu, terdapat beberapa sayuran cruciferous yang bisa didapatkan dengan mudah dengan harga terjangkau seperti brokoli, kembang kol, kubis, dan kubis Brussel.

Berbeda dengan kebanyakan sayuran lainnya, jenis keluarga cruciferous cenderung mengandung kadar serat lebih tinggi dan mengenyangkan. Ditambah lagi, anda bisa mendapatkan sejumlah protein berbasis nabati.

Meskipun masih belum bisa disandingkan dengan protein berbasis hewani, tetapi bagi para vegetarian sayuran ini bisa menjadi makanan alternatif yang menjanjikan. Hal ini karena kombinasi akan protein, serat, serta rendahnya kalori dari cruciferous bisa digunakan oleh siapa saja untuk menurunkan berat badan.

Dalam jangka panjang, mereka pun bisa menjadi makanan yang memerangi penyakit kanker ganas di tubuh anda.

5. Daging Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Sampai sekarang, masih banyak orang yang menghindari asupan daging dengan tujuan ingin menurunkan berat badan. Parahnya, sebagian dari kita bahkan menyebut bahwa daging bisa menjadi akar dari segala penyakit.

Padahal, tidak semua daging memberikan efek serupa. Daging olahan memang sudah dikenal menjadi biang kerok berbagai macam penyakit, tetapi lain lagi dengan daging merah tanpa lemak dan dada ayam.

Bahkan sudah banyak penelitian yang mendukung dan menyatakan bahwa daging merah yang belum diproses (bukan olahan) cenderung tidak akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung maupun diabetes.

Kabar baiknya, daging merah juga memiliki korelasi yang sangat erat sebagai makanan penurun berat badan dikarenakan tingginya protein yang dimilikinya.

Protein sendiri telah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang bisa membuat perut kenyang lebih cepat. Jadi tak heran jika pola makan tinggi akan protein berkualitas tinggi bisa membakar lebih banyak kalori sebesar 80-100 per harinya.

Beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan kalori hingga 25% per hari maka bisa terhindar dari kemungkinan terkena ngidam makanan sebanyak 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari sebanyak 50%, serta membantu mengurangi berat badan sebanyak setengah kilo dalam kurun waktu satu minggu saja.

Kunci rahasinya, jika anda tengah menjalani pola makan rendah karbohidrat, anda boleh mengonsumsi daging berlemak. Tetapi jika saat ini anda memiliki pola makan tinggi karbohidrat atau skala menengah, pilihlah daging tanpa lemak. Cara ini tentunya bisa membantu menyeimbangkan diet anda yang sehat.

6. Sup

Kunci lainnya untuk menurunkan berat badan adalah dengan memilih makanan yang mengandung kepadatan energi yang rendah. Cara ini cenderung mampu membuat seseorang makan lebih sedikit kalori.

Cara termudah mencari jenis makanan yang satu ini adalah dengan melihat kandungan air di dalamnya, semakin banyak semakin baik. Beberapa contoh yang paling mudah terlihat dengan mata telanjang adalah sayuran, buah-buahan, serta sup.

Makanan sehat untuk diet

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti sup cenderung lebih bisa membuat seseorang merasa puas dan kenyang, sehingga mampu menahan makan kalori berlebih beberapa jam setelahnya.

Tetapi pastikan anda menghindari sup yang mengandung lemak berlebih, seperti krim atau santan karena malah akan meningkatkan asupan kalori tanpa anda sadari.

7. Alpukat

Meskipun masih termasuk ke dalam jenis buah-buahan, tetapi alpukat tergolong unik karena dikemas dengan sejumlah karbohidrat dan lemak sehat. Nutrisi ini tentunya jarang dimiliki oleh jenis buah apapun.

Meskipun kebanyakan nutrisinya berupa lemak, tetapi alpukat masih mengandung sejumlah air dan serat dalam jumlah besar, sehingga membuatnya termasuk ke dalam jenis makanan dengan kepadatan energi yang rendah.

Dengan begitu, buah ini pun bisa mendukung upaya anda dalam menurunkan berat badan. Ditambah lagi, kandungan lemak yang dimilikinya mampu meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran yang anda makan sebanyak 2,6 hingga 15 kali lebih banyak.

Artinya, anda tidak hanya mampu menurunkan berat badan dengan lebih mudah, tetapi juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit akibat radikal bebas sembari menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *