mengobati gusi bengkak

4 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Penyebabnya

Gigi anda melekat erat terhadap gusi dan menjaganya agar tetap di tempat sekalipun mulut anda mengunyah makanan selama bertahun-tahun lamanya. Jadi tak heran ketika gusi anda membengkak, maka akan berdampak langsung terhadap gigi dan aktivitas makan anda sehari-hari.

Gusi yang membengkak pun seringkali membuat anda merasakan sakit yang tak mudah untuk ditahan. Terdapat berbagai macam penyebab dan alasan di balik masalah kesehatan tersebut muncul, dimulai dari hal sederhana seperti menggosok gigi terlalu kencang, hingga adanya beberapa penyakit yang mendasarinya.

Pengobatannya pun terkadang dilakukan berdasarkan dari penyebabnya itu sendiri, meskipun sebagian besar berfokus pada rasa sakit dan peradangan yang dihasilkannya.

Maka dari itulah, sebelum anda buru-buru membeli obat sakit gigi di warung atau melakukan pengobatan tradisional, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan penyebab gusi bengkak yang mungkin tengah terjadi saat ini.

Penyebab Gusi Bengkak

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penyebab gusi bengkak bisa saja diakibatkan oleh hal-hal sederhana atau gangguan medis ringan lainnya, termasuk menggosok gigi terlalu kencang, panas dalam, sariawan, menggunakan gigi palsu, atau memasang kawat gigi.

Tetapi pada beberapa kasus yang lebih parah, gusi bengkak tersebut bisa dikarenakan adanya penyakit lain yang harus anda waspadai dan tangani dengan segera. Beberapa diantaranya adalah:

1. Gingivitis

Gingivitis merupakan penyebab paling umum seseorang terkena pembengkakan gusi dan iritasi. Banyak orang yang mengira bahwa efek dari penyakit ini tidaklah begitu berbahaya. Padahal jika dibiarkan begitu saja, maka kondisi ini pun akan berkembang menjadi periodontitis.

Penyebab gingivitis biasanya terjadi akibat seseorang tidak mampu menjaga kebersihan mulutnya dengan benar, dan potensi munculnya penumpukan plak di garis gusi dan gigi pun terjadi.

Plak sendiri merupakan lapisan yang terdiri dari bakteri dan sisa partikel makanan yang mengendap di gigi dari waktu ke waktu. Jika plak tersebut menumpuk di gigi selama beberapa hari lamanya, maka akan berubah menjadi karang gigi.

Sebut saja tartar yang merupakan sejenis plak yang telah mengeras. Anda pun tidak akan bisa melepaskannya hanya dengan menyikat gigi saja. Tidak ada cara lain selain pergi ke dokter gigi secepat mungkin, karena jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan gingivitis atau radang gusi yang menyakitkan.

2. Kehamilan

Menjalani masa kehamilan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena tubuh akan membutuhkan gizi yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu, ibu hamil lebih rentan terkena berbagai macam gangguan kesehatan, dimulai dari mual, muntah, anemia, hingga gusi bengkak.

Sebagian besar penyebab bengkaknya gusi tersebut dikarenakan adanya perubahan di dalam tubuh secara alami. Terdapat hormon yang mendorong tubuh anda meningkatkan aliran darah ke dalam gusi anda. Alhasil, gusi anda pun akan mudah teriritasi sehingga menyebabkan pembengkakan yang terasa sakit.

Perubahan hormon ini pun bisa menghalangi kemampuan tubuh anda dalam melawan berbagai macam bakteri yang senantiasa hadir di mulut anda, sehingga anda pun memiliki resiko terkena infeksi gusi yang lebih tinggi.

3. Malnutrisi

Kekurangan vitamin juga bisa membuat gigi anda membengkak dan terasa sakit, terutama jenis vitamin B dan C. Misalnya, vitamin C sangatlah memainkan peran penting terhadap pemeliharaan dan perbaikan gigi serta gusi anda. Jika kadar vitamin tersebut terlalu rendah, maka anda pun bisa mengembangkan penyakit kudis, anemia, dan penyakit gusi.

4. Infeksi

Jika berbicara infeksi, maka erat kaitannya dengan patogen luar seperti virus, bakteri, dan jamur, yang mana mereka pun bisa menyerang gusi anda. Contohnya penyakit herpes yang bisa mendatangkan sebuah kondisi bernama gingivostomatitis herpes akut, yang akan membuat gusi anda menjadi bengkak.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Jika penyebab gusi bengkak anda dikarenakan keempat kondisi di atas, cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan segera berkunjung ke dokter gigi terdekat. Dokter anda akan melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai dengan penyakit yang tengah anda alami tersebut.

Tetapi sebelum itu, anda bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Bisa dibilang cara ini merupakan pertolongan pertama pada kecelakaan. Cara ini cukup mudah dan bisa anda lakukan di rumah sekarang juga.

Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

Berkumur Air Garam

Air garam sudah dikenal akan kemampuannya dalam mencegah pertumbuhan bakteri berlebih di mulut sambil mengurangi bakteri yang telah hadir di sana. Bahkan menurut sebuah penelitian di tahun 2016 menyebutkan bahwa air garam mampu menenangkan peradangan dan mempromosikan penyembuhan terhadap gusi bengkak.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan 1 sdt garam ke dalam satu gelas air dengan suhu hangat-hangat kuku.
  2. Berkumurlah dengan campuran cairan tersebut selama 30 detik.
  3. Muntahkan, dan jangan menelannya.
  4. Ulangi antara 2 hingga 3 kali sehari hingga pembengkakan di gusi menghilang.

Kompresan

Anda boleh menggunakan kompresan dingin ataupun hangat, tergantung dari kenyamanan anda. Kedunya tentu masih bisa menenangkan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi di gusi anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Basahi handuk atau kain kering dengan air hangat atau dingin. Peras hingga agak mengering.
  2. Tempelkan kompresan tersebut di pipi anda tepat di area gusi yang terkena. Jangan tempelkan langsung ke gusi anda. Biarkan selama 5 menit.
  3. Ulangi siklus ini antara 2 hingga 3 kali dalam satu waktu. Dengan begitu total waktu kompresan menjadi 10 hingga 15 menit.
  4. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

Gel Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, atau senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-radang yang sangat ampuh. Menurut sebuah penelitian di tahun 2015 sendiri mengatakan bahwa gel kunyit bahkan bisa digunakan untuk mencegah plak dan radang gusi yang mengarah pada penyakit gingivitis.

Dengan begitu, gel kunyit pun bisa anda gunakan untuk mengurangi pembengkakan yang tengah terjadi di gusi anda saat ini. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Gosok gigi anda seperti biasanya, dan kemudian bersihkan dengan air.
  2. Buat gel dengan menumbuk halus kunyit dan dicampurkan dengan air putih secukupnya.
  3. Kemudian tempelkan gel kunyit tersebut tepat di gusi yang tengah membengkak.
  4. Biarkan hingga 10 menit.
  5. Bersihkan dengan air bersih dan muntahkan. Jangan menelannya.
  6. Lakukan cara ini 2 kali setiap hari setelah menggosok gigi hingga bengkak tersebut hilang.

Minyak Esensial

Menurut sebuah artikel di tahun 2013 yang dipublikasikan di European Journal of Dentistry menuliskan bahwa peppermint, pohon teh, dan minyak thyme sangatlah efektif dalam mencegah tumbuhnya mikroorganisme penyebab gusi bengkak di mulut.

Jadi sudah jelas jika minyak esensial memang bisa anda gunakan sebagai obat gusi bengkak secara alami. Cara menggunakannya adalah:

  1. Campurkan 3 tetes minyak peppermint, thyme atau pohon teh ke dalam segelas air hangat. Pilih salah satu dari ketiga minyak tersebut, dan jangan mencampurnya sekaligus.
  2. Kemudian berkumurlah menggunakan campuran cairan tersebut selama 30 detik.
  3. Muntahkan dan jangan menelannya.
  4. Lakukan cara ini 2 kali sehari hingga bengkak di gusi hilang.

Perlu diingat bahwa keempat cara di atas merupakan pertolongan pertama pada kecelakaan. Artinya, jika rasa sakit atau pembengkakan terus terjadi hingga 2 hari atau lebih, maka segera hubungi dokter gigi terdekat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *