11 Makanan Mengenyangkan Ini Membantu Diet Anda

Tahukah anda jika semua makanan tidak diciptakan setara? Diantara beberapa jenis yang baik bagi kesehatan, terdapat pula varian yang memberikan perasaan kenyang berbeda terhadap perut anda.

Makanan yang mampu mengenyangkan meskipun dalam porsi kecil tentunya bisa mendukung proses menurunkan berat badan anda. Sebaliknya, makanan dengan nilai gizi rendah bisa mengacaukan pola makan dan gaya hidup sehat anda. Maka dari itulah, muncul istilah seperti “superfood” dan “junk-food”.

Sesuai namanya, superfood artinya makanan super dengan sejuta nutrisi dan manfaat, sementara “junk-food” termasuk ke dalam makanan sampah dengan nilai gizi rendah. Sayangnya, jenis junk-food terasa lebih lezat dibandingkan dengan makanan sehat, sehingga membuat orang lebih banyak memilihnya dan mengkonsumsinya dalam jumlah besar.

Alhasil, masyarakat modern saat ini lebih rentan terkena kegemukan dan obesitas. Padahal, kedua kondisi ini bisa mendatangkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung yang mematikan.

Nah, jika anda ingin menurunkan berat badan sembari menjaganya agar tetap ideal, ada kalanya anda harus memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan mengenyangkan. Jadi, buang kebiasaan anda mengkonsumsi junk-food dan beralihlah ke makanan-makanan bernutrisi seperti yang sudah tertulis di bawah ini.

1. Kentang Rebus

Makanan menyehatkan pun bisa berubah menjadi junk-food jika tidak diolah dengan benar. Sebut saja “french-fries” atau kentang goreng yang telah terbukti menjadi biang keladi seseorang terkena kegemukan.

Tetapi berbeda dengan kentang yang direbus, ia malah bisa memberikan anda sejuta manfaat dan mengenyangkan. Terlebih jika anda mengkonsumsi kentang tersebut tanpa dikupas, maka bisa mendapatkan asupan vitamin dan mineral tambahan, seperti vitamin C dan kalium.

Selain itu, kentang rebus sangatlah kaya akan kadar air dan karbohidrat, serta memberikan anda sejumlah serat dan protein tanpa lemak. Artinya, makanan sehat ini bisa mengenyangkan perut anda lebih lama.

2. Telur

Telur sudah termasuk ke dalam jenis makanan tersehat di dunia karena kandungan nutrisinya yang sangat memukau. Kebanyakan nutrisinya tersebut berasal dari kuning telur, termasuk antioksidan lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat terhadap mata anda.

Selain itu, anda pun bisa mendapatkan protein berkualitas tinggi dengan mengkonsumsi telur setiap hari. Dari satu butir telkur berukuran besar saja sudah memberikan anda 6 gram protein, termasuk kesembilan asam amino esensial yang harus anda dapatkan dari makanan setiap waktu.

3. Oatmeal

Jika anda doyan sarapan menggunakan bubur ayam, cobalah menggantinya dengan jenis yang terbuat dari oat. Bubur oat atau oatmeal sangatlah rendah akan kalori tetapi sumber yang sangat baik akan serat, terutama jenis beta-glucan.

Dalam sebuah penelitian sendiri memperlihatkan bahwa asupan oatmeal lebih mampu membuat seseorang mengurangi asupan kalori saat makan siang dibandingkan dengan mereka yang sarapan dengan sereal biasa.

Kemampuannya dalam memberi rasa kenyang datang dari kadar serat yang dimilikinya. Sebut saja serat larut seperti beta-glucan yang mampu membantu melepaskan hormon perasaan kenyang sekaligus memperlambat pengosongan perut sehingga anda pun akan merasa kenyang lebih lama.

4. Ikan

Sama halnya seperti telur, ikan juga dikemas dengan protein berkualitas tinggi bersama dengan asam lemak omega-3 yang merupakan jenis lemak esensial. Esensial berarti tubuh anda tidak mampu memproduksinya secara alami sehingga anda pun harus mendapatkannya melalui makanan.

Menurut sebuah penelitian, asam lemak omega-3 juga ternyata mampu meningkatkan perasaan kenyang bagi orang-orang gemuk atau obesitas. Bahkan protein dalam ikan sendiri memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan makanan sumber protein lainnya.

5. Sup

Pernahkah anda mendengar nasehat dari orang tua untuk tidak makan sambil minum? Hal ini karena cairan bisa mempercepat perasaan kenyang sehingga dikhawatirkan anak-anak tidak akan mampu mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Tetapi berbeda dengan anda yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan, merasa kenyang sebelum waktunya haruslah menjadi target anda setiap harinya. Untuk mengakalinya, anda bisa mencoba untuk selalu makan ditemani dengan sup.

Pilihlah sup yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan seperti sup ayam karena sudah dikenal sebagai makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk alasan ini pulalah sup ayam selalu diberikan kepada mereka yang tengah menderita flu atau demam.

6. Daging

Bolehkah mengkonsumsi daging saat menjalani diet menurunkan berat badan? Jawabannya, tentu saja boleh asalkan anda memilih daging yang tepat. Beberapa daging dengan kadar protein tinggi tetapi tanpa lemak sangatlah mengenyangkan perut anda.

Cobalah untuk memilih daging sapi, dimana menempati kursi nomor 2 sebagai makanan sumber protein paling mengenyangkan setelah ikan. Bahkan dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi daging berprotein tinggi saat makan siang, lebih mampu mengurangi makan malam sebanyak 12%.

7. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani cenderung lebih kental dibandingkan dengan yogurt biasa, yang mana menandakan bahwa jenis minuman fermentasi ini lebih tinggi akan kandungan protein. Yogurt Yunani juga merupakan pilihan sarapan yang sangat baik, dan bisa pula menjadi teman ngemil anda di siang hari.

Dalam sebuah penelitian memperlihatkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 160 kalori dari yogurt yunani mampu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan makannya saat malam hari. Ini artinya, anda bisa mengurangi makanan tanpa kesusahan.

8. Sayuran

Malas makan sayuran bisa membuat badan anda bertambah gemuk. Hal ini karena tubuh anda membutuhkan beragam nutrisi seperti vitamin, mineral, dan senyawa tanaman, yang mana semuanya itu terdapat dalam sayur-mayur yang menyehatkan.

Meskipun memiliki berbagai macam ukuran, tetapi semua sayuran cenderung rendah akan kalori. Mereka lebih banyak dikemas dengan serat dan air sehingga bisa menambahkan volume berat di perut dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Berbeda dengan junk-food, sayuran juga mengharuskan anda mengunyah lebih lama sehingga otak anda akan mengira bahwa tubuh telah banyak mendapatkan asupan makanan sehingga membuatnya mengeluarkan hormon perasaan kenyang.

9. Keju Cottage

Hampir semua produk susu mengandung protein menyehatkan. Tetapi kelebihan keju cottage tidak berhenti sampai di sana, makanan ini cenderung lebih rendah akan lemak dan karbohidrat.

Makanan yang tinggi protein sudah dikenal mampu lebih mengenyangkan sekalipun rendah karbohidrat. Ditambah lagi, protein bisa membantu tubuh anda membakar kalori lebih banyak sehingga membantu upaya anda dalam menurunkan berat badan.

10. Kacang Polong

Kacang-kacangan yang berasal dari keluarga polong-polongan juga tidak kalah dalam memberikan nilai nutrisi bagi tubuh anda. Misalnya, tubuh anda akan mendapatkan serat dan protein berbasis tanaman dalam sekali gigit, sekaligus membuat tubuh anda merasa kenyang lebih lama.

Dalam sebuah artikel yang mengulas 9 percobaan menuliskan bahwa mengkonsumsi kacang polong mampu membuat seseorang kenyang lebih lama sebanyak 31% dibandingkan dengan mereka yang hanya makan pasta dan roti.

11. Buah-Buahan

Buah-buahan memiliki kadar energi yang rendah, tetapi masih mengandung sejumlah serat dengan kadar tinggi, sehingga bisa memperlambat proses pencernaan makanan yang masuk ke dalam perut anda.

Tetapi pastikan anda mengkonsumsi buah dalam bentuk utuh. Jus buah tidak akan memberikan anda efek mengenyangkan karena sebagian besar minuman tersebut sudah kehilangan kadar seratnya dalam jumlah besar.

Leave a Comment

Exit mobile version